Friday, June 12, 2020

load balancing

load balancing 



Load balancing pada dasarnya adalah suatu metode yang digunakan untuk membuat 2 atau lebih jalur yang berbeda yang tujuannya untuk mendistribusikan beban kerja sehiungga memaksimalkan throughtput, meminimalisir response atau interval dan menghindari overload (beban kemacetan jaringan).

Ada beberapa jenis load balancing yang perlu diketahui diantaranya yaitu :
  • Per Packet Load Balancing, yaitu pembagian beban berdasarkan paket paket (paket 1 lewat isp a, paket 2 lewat isp b).
  • Per Connection Load Balancing, yaitu load balancing berdasarkan koneksi (koneksi 1 lewat isp a, koneksi 2 lewat isp b).
  • Per Address-Pair Connection Load Balancing, pembagian traffik berdasarkan koneksi dan ip address source dan destination dari koneksi tersebut.
  • Custom Load Balancing, yaitu load balancing sesuai kondisi yang di perlukan (Routing Mark > Firewall Mangle).
Load Balancing dibagi menjadi 3 jenis metode yaitu:
  • ECMP atau Equal Cost Multi Path adalah metode load balancing yang menggunakan metode per address-pair connection load balancing. ECMP memungkinkan router untuk memiliki lebih dari satu gateway untuk satu network tujuan. Karena metodenya adalah per address-pair connection, maka sistem load balancing ini adalah setiap address yang berbeda di koneksi yang berbeda akan berkemungkinan melewati gateway yang berbeda.
  • NTH sendiri adalah sebuah fitur pada firewall yang digunakan sebagai penghitung (counter) dari paket data atau koneksi (packet new). Ada dua parameter utama dari NTH ini, yaitu "Every" dan "Packet".
    "Every" merupakan parameter penghitung (counter) sedangkan "Packet" adalah penunjuk paket keberapa rule dari NTH ini akan dijalankan. Dengan demikian penggunaan NTH ini dilakukan denganmengaktifkan counter pada mangle, kemudian ditandai dengan 'Route-Mark'. Sehingga dengan route mark ini digunakan sebagai dasar untuk membuat policy route.
  •  PCC (per connection classifier) PCC ini adalah sebuah teknik pengembangan dari Load Balancing dimana load balance sendiri berfungsi untuk mendistribusikan beban traffic dari 2 atau lebih jalur koneksi (ISP) secara seimbang untuk menghindari terjadinya overload pada salah satu koneksi.

Lokasi:Surabaya Surabaya, Kota SBY, Jawa Timur, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment