Sunday, March 29, 2020

Remote Mikrotik Menggunakan Tunnel Dengan Layanan Free DDNS

IP tunnel adalah kanal jaringan komunikasi Protokol Internet (IP) antara dua jaringan komputer yang digunakan untuk transportasi menuju jaringan lain dengan mengkapsulkan paket sebagai contoh kita ingin meremot jaringa rumah sedangkan kita menggunakan jaringan luar makan kita butuh bantuan tannel agar alamat yg di batasi dapat terhubung antara jaringan rumah dengan jaringan luar dengan jalur maya atau VPN (Virtual Private Network).
VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan tertentu, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi.
Pertama bukak google dan ketik https://www.hostddns.us/

Buat akun freeddns dengan cara klik Daftar Gratis agar simikrotik dapat terhubung dengan internet
ini registrasi tersebut dengan benar setalh di isi klik Sing Up. setelah itu cek jgk email dan bakal an mendapatkan mendapatkan poin ( geratis 30 hari ). Setelah sudah verifikasi dan login.
setelah masuk maka tampilanya akan seperti yang di atas langkah selanjutnya ke vpn remot dan buat vpn buat meremot mikrotik dengan cara masuk ke menu vpn remot dan creat vpn
buat vpn remot dengan cara pilih server terlebih dahulu dan masukan user dan password setelah itu input port buat yang akan di remot maka hasilnya akan seperti dibawah ini.
setalah itu buat ovpn client dengan cara masuk ke menu interfaces lalu tambahkan ovpn client agar si mikrotik bisa di remot dengan jaringan luar.
setelah itu setting ovpn dengan cara pilih ovpn client connect to isi dengan alamat server dan port isikan 1000 user dan password sesuai yang di buat tadi
maka hasilnya akan ada tanda R atau Runing pada interfaces 
langkah selanjutnya cobak meremot mikrotik menggunakan port forwading yang ada pada vpn yang dibuat di free ddns 


0 komentar:

Post a Comment