Sunday, March 22, 2020

File Over Di Mikrotik


Fail Over
Fail over adalah dimana kita memiliki 2 gateway isp dan dimana salah satu Gatewaynya di buatkat menjadi pioritas atau utama dan yang ke dua sebagai gateway backup pada saat gateway yang di pioritaskan mati atau tidak bias di ping maka gateway backup lah yang bakal mengambil alih.
langkah pertama setting terlebih dahulu IP arah ke ISP keduanya dan arah ke Clien dengan cara masuk ke menu IP lalu ke Address
langkah selanjutnya setting firewall Nat ke arah ISP utama maupun ke ISP Back Up dengan cara masuk ke menu IP lalu ke Filrewall dan ke NAT
setelah setting Nat router masik belom mempunyai DNS maka dari itu harus setting terlebih dahulu DNS router agar si router dapat terkoneksi kedalam internet dengan cara masuk ke dalam menu IP  lalu Ke DNS  disana isikan DNS google (8.8.8.8 dan 8.8.4.4).
setelah setting DNS maka Tambah kan Gateway utama agar si router dapat saling kenal dan jagan lupa buat isp utama tambahkan parameter Dst address dan Check Gateway yang berfungsi sebagai mengujicoba Gateway Utama masik dalam keadaan aktif atau tidak dengan cara si router akan mengirim Ping dengan terus meneris. cara setting masuk ke menu IP lalu ke Routes. 
langkah selanjutnya masukan gateway 8.8.8.8 sebagai recursive dari ISp utama atau back Up dan ubah target scope menjadi 30 langkah setting masuk ke menu IP  lalu ke Routes .
langkah selanjutnya tambah kan gateway Isp Back Up dan tambahkan parameter Dst address,Check Gateway dan Distencennya ubah menjadi 2 dengan cara masuk ke mennu IP dan ke  Routes.
Maka hasil jika Isp utama tidak ada internet maka seperti di bawah ini.
Dan pada saat Isp Utama udah kembali norma maka setatusnya seperti dibawah ini.



0 komentar:

Post a Comment